Mie Aceh Bungong Seulanga: Sedap Semerbak Mie Aceh Spesial yang Tersedia 24 Jam

Siang ini paling enak menyantap seporsi mie goreng khas Aceh. Rasanya pedas dengan sensasi rempah ringan dipadu dengan potongan daging dan seafood.

Berasal dari Serambi Mekah, mie Aceh kini semakin populer di berbagai daerah, termasuk Jakarta. Salah satu rumah makan Aceh yang baru buka hampir setahun ini bisa jadi tempat makan siang.

Hampir setiap hari melewati kawasan Mampang, kamipun sudah lama tertarik untuk mencicip "Mie Aceh Bungong Seulanga" yang bercat warna hijau. Kali ini kamipun memutuskan untuk mampir ke rumah makan Aceh ini.

Tempatnya sederhana, tapi cukup besar dan bersih. Di bagian depan, terdapat dapur kecil berdinding kaca sebagai tempat para koki meracik mie hingga nasi goreng. Aroma rempah gurih sudah tercium kuat saat kami memasuki rumah makan ini. Hmm, sedap!

Walaupun bernama Mie Aceh, akan tetapi menu yang disediakan cukup beragam. Ada mie goreng, mie rebus, mie tumis, bihun goreng, nasi goreng, kari kambing, roti cane dan martabak Aceh.

Mie Aceh Bungong Seulanga: Sedap Semerbak Mie Aceh Spesial yang Tersedia 24 JamFoto: detikFood
Seporsi Mie Goreng Special (Rp 30.000) jadi pilihan makan siang kami. Tak perlu menunggu lama, seporsi mie goreng mendarat di meja kami dengan semburat aroma gurih yang panas mengepul.

Mie yang dipakai sebagai bahan utama adalah mie hokkian atau mie lidi yang berbentuk seperti silinder kecil mirip spaghetti. Mie kuning yang agak tebal ini dilengkapi dengan potongan udang, potongan daging sapi, cumi, irisan daun bawang, tauge dan taburan kacang goreng.

Mie goreng ditambahkan dengan balutan bumbu kari yang tak terlalu pekat. Tececap rasa pedas dengan selingan tekstur mie yang kenyal agak padat.

Rasanya yang tak terlalu kuat membuat sajian mie Aceh ini cocok di lidah kami. Makin enak dinikmati bersama dengan irisan bawang merah segar dan kerupuk aci serta emping renyah.

"Soal bumbu, pemilik rumah makan ini yang langsung meraciknya. Jadi sudah dalam bentuk bumbu halus dan selalu dibuat setiap hari," tutur Jafar, salah satu pemasak kepada detikFood (09/11).

Kalau tak ingin mie, seposi Nasi Goreng Daging (Rp 22.000) juga bisa Anda nikmati. Nasi gorengnya diberi pelengkap telur dadar yang dicampur dengan irisan daun bawang serta potongan daging sapi yang ada di dalamnya.

Mie Aceh Bungong Seulanga: Sedap Semerbak Mie Aceh Spesial yang Tersedia 24 JamFoto: detikFood
Dibuat dengan nasi yang pera, tekstur nasinya agak berpisah. Bumbunya juga cukup berempah, akan tetapi lebih ringan dibandingkan dengan mie goreng.

Selain dicampurkan dengan bumbu kari, irisan daun seledri juga jadi salah satu ciri nasi goreng Aceh. Makin sedap dinikmati bersama dengan kerupuk, emping, potongan timun serta irisan bawang merah yang menambah sedap sajian ini.

Puas menyantap sajian mie dan nasi goreng yang mengenyangkan, makin enak ditutup dengan dessert dari Aceh yaitu Roti Cane Susu Keju (Rp 24.000).

Mie Aceh Bungong Seulanga: Sedap Semerbak Mie Aceh Spesial yang Tersedia 24 JamFoto: detikFood
Kami sangat menyukai roti canenya. Hal ini dikarenakan teksturnya yang agak renyah dibagian pinggir tapi lembut di bagian dalamnya. Dengan sensasi yang gurih roti canenya makin enak disiram dengan susu kental manis serta parutan keju yang royal. Hmm, nikmat!

Selain itu, Anda juga bisa mencoba minuman segar yang enak seperti es teh tarik yang dibuat dengan 'menarik' teh dalam gelas besar sehingga hasilkan busa dengan tekstur creamy. Ada juga es timun serut yang dipadukan dengan sirup merah yang enak, cocok diminum setelah puas menyantap sajian berempah pekat.

Mie Aceh Bungong Seulanga: Sedap Semerbak Mie Aceh Spesial yang Tersedia 24 JamFoto: detikFood
Masalah rasa, Anda tak perlu meragukan sajian mie Acehnya. Pasalnya, seluruh pemasak didatangkan langsung dari daerah asalnya yaitu Aceh. Rumah makan ini juga buka selama 24 jam sehingga kapan pun Anda lapar, bisa datang ke sini.

"Ada sekitar 12 karyawan yang bekerja. Jadi ada 2 shift setiap harinya. Kalau mau diantar ke kantor juga bisa minimal 2 porsi pembelian," jelas Jafar.

"Beberapa pelanggan juga sering bilang masakannya enak, terus menanyakan siapa yang masak. Karena yang masak orang Aceh jadi rasanya asli tapi tidak terlalu berempah memang," ujar salah satu karyawan lainnya.

Bagaimana tertarik mencicip? Yuk, mampir!

Mie Aceh Bungong Seulanga
Jl. Mampang Prapatan Raya IV
Telp: 081295891124/081258877724
Buka: 24 jam

(odi/lus)

0 Response to "Mie Aceh Bungong Seulanga: Sedap Semerbak Mie Aceh Spesial yang Tersedia 24 Jam"

Posting Komentar