Saudagar Kopi: Hangat Berempah Soto Betawi Lengkap dengan Pisang Keju dan Caramel Macchiato

Mau bersantai sambil makan enak, Anda bisa mampir ke sini. Ada soto Betawi, pisang panggang hingga racikan kopi yang enak.

Berada di Jalan Maleo, Anda bisa menemukan sebuah kafe yang berbentuk seperti rumah dengan tulisan 'Saudagar Kopi'. Terkenal dengan kopinya, kafe ini sajikan kopi single origin serta coffee blending yang jadi signaturenya.

Kopi identik dengan sajian malam hari. Akan tetapi di sini, Anda bisa ngopi sambil menikmati makanan berat yang mengenyangkan kapan saja.

Kafe ini ditata dengan interior unik layaknya rumah sendiri. Di bagian depan ada bar kecil yang terdiri dari mesin penyeduh kopi dengan aneka biji kopi Nusantara dan jajaran sofa layaknya ruang tamu.

Saudagar Kopi: Hangat Berempah Soto Betawi Lengkap dengan Pisang Keju dan Caramel Macchiato Foto: detikfood
Beberapa ruangan di dalamnya terkesan mirip seperti ruang keluarga hingga ruang belajar dengan desain yang berbeda.

Kopinya ada yellow catura yang berasal dari Bajawa dan juga kopi asal Temanggung yang bisa dipesan dengan teknik manual brewing. Salah satu yang menjadi ciri khasnya adalah house killer blend yang terdiri dari campuran kopi Blue Batak, Toraja dan Silimakuta.

Untuk bersantap di sini, kami dipersilahkan langsung memesan makanan di kasir. Menu kopinya bisa dilihat di papan, sedangkan untuk makanannya tersedia di buku menu. Selain kopi, kafe ini juga menyajikan aneka hidangan enak seperti nasi goreng rawon, bakmi koji hingga soto Betawi.

Pilihan kami jatuh pada Caramel Macchiato (Rp 30.000), Blooming Tea (Rp 30.000), Nasi Soto Betawi (Rp 34.545) dan Pisang Penyet (Rp 24.545).

Saudagar Kopi: Hangat Berempah Soto Betawi Lengkap dengan Pisang Keju dan Caramel Macchiato Foto: detikfood
Ingin menikmati sajian berkuah hangat, semangkuk soto betawi jadi pilihan yang pas. Kuahnya yang berwarna putih kecokelatan dengan aroma gurih santan dan kapulaga yang sedap.

Potongan daging yang tenggelam di dalam kuah dipadukan dengan potongan tomat hijau, irisan daun bawang, bawang goreng, emping serta perkedel kentang.

Kuahnya gurih dengan perpaduan rasa lada, pala dan kayumanis yang semerbak. Santannya juga tak terlalu kental sehingga cocok dinikmati dengan potongan daging yang lembut. Perkedel kentangnya empuk dengan lapisan tepung gurih di laurnya. Jangan lupa beri sedikit perasan jeruk nipis agar makin segar!

Saudagar Kopi: Hangat Berempah Soto Betawi Lengkap dengan Pisang Keju dan Caramel Macchiato Foto: detikfood
Penggunaan rempah-rempah seperti jintan dan kapulaga terasa ringan. Meskipun tampilannya kurang menarik karena mangkuk saji terkesan 'kebesaran' akan tetapi soal rasa sangat enak. Dan soto Betawi ini jadi salah satu favorit kami. Hmm, hangat dan bikin kenyang!

Selain soto betawi, kami juga tertarik untuk mencicip salah satu camilan pisang. Pisang raja dengan tekstur yang lembut dan sensasi rasa sedikit asam dipanggang hingga berwarna kecokelatan.

Pisangnya dibelah menjadi dua kemudian dibagian dalamnya diisi dengan meisjes dan keju parut. Disiram dengan sedikit susu kental manis. Ada rasa legit pisang dan cokelat serta gurihnya keju yang berpadu seimbang.

Camilan hangat ini sangatlah cocok dinikmati dengan secangkir kopi. Minuman kopi berhias latte bunga ini terbuat dari tiga jenis kopi Indonesia. " Untuk house killer blend kita punya karakteristik rasa lebih ke balance sweet tapi acidity tak terlalu kuat," tutur Catur, selaku Operating Manager Saudagar Kopi Sabang dan Bintaro kepada detikFood.

Saudagar Kopi: Hangat Berempah Soto Betawi Lengkap dengan Pisang Keju dan Caramel Macchiato Foto: detikfood
Ada juga blooming tea (kwa cha) yang diseduh dalam teko selama 3 menit hingga bunga mekar. Rasanya unik, dengan aroma bunga melati hingga edelweis. Menurut catur, ketiga jenis teh yang ada seperti Yellow Flower, Red Flower hingga Rose Tea ini edisi terbatas karena tehnya dibeli saat sang pemilik bertandang ke negeri China.

Rasanya unik dengan sensasi aroma bunga yang nikmat. Cocok dinikmati saat tubuh lelah bekerja seharian dan cukup merelaksasi.

Kalau berkantor di sekitaran Sabang atau Bintaro, Anda bisa mampir ke Saudagar Kopi. Atau jika sepulang kantor ingin nongkrong sambil ngopi cantik langsung saja datang. Dijamin puas dan kenyang!

Saudagar Kopi
Jl. Maleo Raya JC1-26
Bintaro Jaya Sektor 9
Telp: (021) 7450772

Jl. H. Agus Salim No. 26 F
Jakarta Pusat
Telp: (021) 3143270

(odi/ani)

0 Response to "Saudagar Kopi: Hangat Berempah Soto Betawi Lengkap dengan Pisang Keju dan Caramel Macchiato"

Posting Komentar