Ayam Betutu Ibu Putu: Makan Siang Kenyang dengan Ayam Betutu Goreng yang Sedap

Jakarta - Kalau bosan ayam goreng biasa, Anda bisa cicip ayam betutu goreng di sini. Dipadukan dengan kuah kaldu dan sambal terasi, rasa ayam betutu goreng makin nikmat!

Crumble Crew jadi spot kekinian di kalangan foodies. Di area ini ada beberapa tenant makanan yang menarik perhatian. Salah satunya Ayam Betutu Ibu Putu. Lokasinya di pojok dengan area bersantap cukup luas.

Nampak ornamen interior khas Bali menghiasi ruangan mungil ini. Soal menu, Ibu Putu sajikan ayam betutu sebagai andalan. Ada pilihan goreng atau rebus. Tak ketinggalan Nasi Campur Bali, Nasi Jenggo dan Mie Goreng Ayam Cenik.

Ayam Betutu Ibu Putu: Makan Siang Kenyang dengan Ayam Betutu Goreng yang SedapSuasana Bersantap di Ayam Betutu Ibu Putu, Crumble Crew (Foto: dok. detikFood)

Ayam Goreng Betutu (Rp 48.000) nampak menggugah selera dengan taburan serundeng di atasnya. Pendamping menu ini antara lain nasi, kuah kaldu dan daun singkong rebus.

Ada juga 3 bumbu yang diletakkan dalam wadah terpisah. Berupa kacang tanah goreng, sambal terasi dan sambal bawang.

Nyamm! Ayam gorengnya gurih dengan permukaan kulit garing. Rasanya mirip ayam goreng bumbu ungkep kuning. Oia, penggunaan ayam kampung membuat tekstur ayam di sini lebih kenyal.

Sementara kuah kaldu berwarna kuning keruh dengan aroma rempah yang sedap. Kaldu tercecap ringan dengan semburat gurih yang cukup kuat. Paling pas disuap bersamaan dengan nasi hangat.

Karena ingin sengatan pedas, kami mencocol ayam betutu goreng ke sambal terasi. Huahh! Rasa pedas sambal rupanya tak main-main. Pedasnya cukup nonjok di lidah kami.

Ayam Betutu Ibu Putu: Makan Siang Kenyang dengan Ayam Betutu Goreng yang SedapAyam Betutu Goreng Ibu Putu (Foto: dok. detikFood)

Sambal bawang bisa jadi pilihan kalau tak ingin terlalu pedas. Potongan bawang merahnya terasa sedikit renyah meski sudah terendam minyak.

Penasaran mencicip menu selain ayam, kami mencoba Mie Goreng Ayam Cenik (Rp 30.000). Penyajian mie goreng unik karena menggunakan wajan aluminium.

Mie nampak meriah dengan telur mata sapi, sambal matah dan ayam cenik. Mienya sendiri mirip mie goreng keriting dengan rasa gurih manis. Pelengkap sambal matah memberi sentuhan rasa pedas segar terutama dari irisan cabai dan bawang merah.

Ayam Betutu Ibu Putu: Makan Siang Kenyang dengan Ayam Betutu Goreng yang SedapMie Goreng Ayam Cenik yang Sedap (Foto: dok. detikFood)

Yang unik adalah ayam cenik di sini. Potongan ayamnya memang cenik alias "kecil" dalam bahasa Bali. Uniknya ayam juga dibalut tepung sehingga terasa renyah empuk. Pas berpadu dengan mie goreng, sambal matah dan telur mata sapi.

Sebagai penyegar dahaga kami memilih Bali Cocoa (Rp 20.000). Minuman dalam gelas tinggi ini rupanya es cokelat. Rasa cokelatnya cukup pekat dan tidak terlalu manis. Slurrpp!

Wah, perut kami kekenyangan melahap dua menu ini. Penasaran mencicip? Jika siang ini melintas di SCBD, Anda bisa mampir makan ayam betutu buatan Ibu Putu. Ayam betutunya sedap dengan harga cukup terjangkau.

Ayam Betutu Ibu Putu
Crumble Crew
Jalan Tulodong Bawah Nomor 1 A
Kebayoran Lama
Telepon: 087881812626

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)

0 Response to "Ayam Betutu Ibu Putu: Makan Siang Kenyang dengan Ayam Betutu Goreng yang Sedap"

Posting Komentar