Rujak Thai Phui Ji : Segar Gurih Rujak Berbumbu Ebi Khas Singkawang

Singkawang - Rujak ada berbagai versi bumbunya. Tetapi rujak yang satu ini bisa bikin ketagihan. Buahnya pilihan dengan siraman bumbu kacang dan ebi halus. Mantap!

Berkendara sekitar 3 jam dari Pontianak, Anda bisa tiba di kota Singkawang. Kota ini ternama karena banyak klenteng dibangun di hampir tiap jalan. Selain unik, tiap kelenteng juga punya sejarah menarik.

Menjelang sore jika ingin ngemil, selain bakso sapi ada rujak buah enak. Banyak orang merekomendasikan rujak buah Thai Phui Ji yang terletak di Jl. Salam Diman. Di sebuah gang kecil dan dikenal dengan sebutan rujak gang Puskesmas. Memakai google map posisi warung ini mudah ditemukan.

Lokasinya di mulut sebuah gang antara dua rumah dan gerobak tempat meraciknya ditutup dengan tenda bertulisan 'Rujak Thai Phui Ji'. Karenanya mudah dikenali. Konon di akhir pekan dan hari libut nyaris dipenuhi pengunjung.
Rujak Thai Phui Ji : Segar Gurih Rujak Berbumbu Ebi Khas SingkawangTenda sederhana menandai warung rujak di gang ini. Foto: detikfood

Kalau mau makan di tempat, bisa langsung menuju meja kayu panjang. Tinggal menyebut jenis buah yang dipesan. Mau rujak buah campur, rujak mangga, rujak pecel, bubur teri atau sop bihun teri.

Karena ingin ngemil yang segar, maka kami memesan rujak buah dan rujak pecel. Beberapa pembeli masih mengantre giliran dilayani. Sambil memanti rujak diracik kami tak melewatkan camilan favorit di sini. Bingka dan opak yang diolesi sambal rujak atau lim mui kerupuk. Juga ada lim mui pepaya atau mentimun, potongan panjang pepaya/mentimun diolesi bumbu rujak.

Rujak Thai Phui Ji : Segar Gurih Rujak Berbumbu Ebi Khas SingkawangBingka yang beraroma harum pandan disiram saus gula aren dengan taburan kelapa parut. Foto: detikfood

Kue bingkanya ditaruh dalam kotak plastik dalam bentuk potongan sekitar 5x3x2 cm. Tinggal ambil sebanyak yang diinginkan. Taruh di piring kecil. Tambahkan kelapa parut disesiakan dalam kotak besar lalu tinggal dikucuri saus gula aren yang ditaruh dalam pitcher atau jug plastik. Sistem self service ini yang terasa lebih memuaskan.

Warna bingka dari tepung beras dan daun suji pandan ini hijau tua sedikit kecokelatan. Teksturnya lembut dengan wangi pandan yang sedap. Saus gula arennnya tak terlalu manis. Legit alami dengan aksen sedikit asam khas gula aren. Kelapa parutnya juga pas, tidak terlalu tua atau terlalu muda.

Dalam sekali makan bisa 2 bingka ludes karena lembut legitnya. Sementara opak atau kerupuk ubi (lim mui kerupuk), diolesi bumbu rujak kecokelatan kental dengan taburan ebi sangrai yang dihaluskan. Kriuk, manis gurih rasanya, tak ada rasa pedas berlebihan.

Rujak Thai Phui Ji : Segar Gurih Rujak Berbumbu Ebi Khas SingkawangKerupuk ubi dengan olesan bumbu rujak dan taburan ebi bubuk Foto: detikfood

Rujak buahnya (Rp 15.000) disajikan dalam deep plate kecil dengan tumpukan irisan buah yang menjulang. Dibagian atasnya diberi beberapa emping goreng yang lebar tipis. Isiannya tak beda jauh dari rujak buah biasa. Irisan nanas, bengkuang, mangga, jambu dan pepaya.

Bumbu rujak yang royal nyaris menutupi buah-buahnya. Ada taburan bubuk ebi yang dihaluskan. Meski warnanya cokelat gelap, rasa bumbu rujak tak terlalu manis, ada jejak terasi dan rasa renyah kacang yang dicincang kasar bikin rujak makin enak. Ditambah gurih ebi segar terasi makin spesial. Emping yang lebar tipis pun jadi pelengkap yang pas.

Rujak Thai Phui Ji : Segar Gurih Rujak Berbumbu Ebi Khas SingkawangRujak aneka buah disiram saus kental dan ditaburi ebi bubuk. Foto: detikfood

Rujak Sayuran (Rp 15.000) tampilannya tak jauh beda. Hanya saja isiannya sayuran. kangkung, rebung, kacang panjang, pakis, dan tauge serta bihun. Setellah diaduk jadi satu rasanya manis gurih segar. Tak seperti pecel Jawa, tak ada rasa bawnag putih dan kencur. Jadi memang melulu rujak sayuran saja.

O, ya soal nama warung, Thai Phu Jie menurut A Kian, sang pemilik warung, merupakan panggilan populer dirinya yang artinya Aci atau Cik Gendut. Karena wanita ini bertubuh subur dan selalu ramah menyapa pelanggannya Rujak legendaris ini tak boleh Anda lewatkan jika ke Singkawang. Bisa jadi Anda ketagihan setelah mencicipinya seperti banyak pelanggannya.

Rujak Thai Phui Ji
Jalan Salam Diman No. 8, Condong
Singkawang Tengah
Kota Singkawang Kalimantan Bara
Telpon: 0811-562055

(odi/odi)

0 Response to "Rujak Thai Phui Ji : Segar Gurih Rujak Berbumbu Ebi Khas Singkawang"

Posting Komentar