Selasih: Enaknya Buka Puasa dengan Sate Domba Garut yang Empuk Juicy

Jakarta - Berbuka dengan sate domba bisa jadi pilihan asyik. Di sini ada sate domba Garut yang disajikan di atas hot plate. Rasanya gurih mantap!

Melintas di kawasan Wolter Monginsidi, kami tertarik mampir ke restoran 'Selasih by Dapur Mamih' yang hampir selalu ramai oleh pembeli. Di bagian luarnya nampak beberapa karkas daging domba segar digantung. Seperti warung sate domba dan kambing di kawasan Jawa Barat.

Pegawai akan menyayat beberapa potongan daging domba sebelum mengolahnya jadi sate. Terlihat juga area tempat bumbu dan membakar sate. Menurut mereka setiap hari bisa memakai hingga 100-150 kg domba Garut alias dombrut.

Selasih: Enaknya Buka Puasa dengan Sate Domba Garut yang Empuk <i>Juicy</i>Foto: dok. detikFood

Untuk sate domba tersedia pilihan domba celup polos, celup lemak, sineret, Tegal polos, Tegal lemak, domba ati dan domba ginjal. Dalam seporsi sate isi 10 tusuk, bisa juga mencampur varian sate domba yang harganya sama.

Kami mencicip sate domba celup polos campur sate domba Tegal lemak (Rp 61.000). Sate rupanya disajikan di atas hot plate sesaat setelah dibakar hingga bunyi desisannya masih terdengar jelas saat disajikan di meja. Ada juga letupan-letupan kecil dari proses pembakaran ini.

Pegawai juga menyuguhkan bumbu pelengkap sate dalam piring terpisah. Isiannya potongan tomat segar, irisan cabai rawit, bawang merah dan jeruk limau. Untuk kecap manisnya sudah ada di meja dan bisa dituangkan sesuai selera.

Selasih: Enaknya Buka Puasa dengan Sate Domba Garut yang Empuk <i>Juicy</i>Foto: dok. detikFood

Sate domba celup polos berisi sekitar 3 potongan daging ukuran besar. Warnanya cokelat kekuningan dengan jejak agak manis. Yang bikin kami jatuh cinta adalah tekstur sate amat empuk meski hanya berupa potongan daging saja. Pastilah ini domba batibul (di bawah 3 bulan).

Sementara sate domba Tegal lemak diselingi potongan lemak jumbo di tengahnya. Nyuuus! Dimakan panas-panas, paduan daging dan lemak domba terasa gurih juicy. Benar-benar memeuaskan. Kami paling suka melahapnya sambil menusukkan potongan bawang merah segar.

Penasaran dengan olahan domba lain, tongseng domba (Rp 43.000) jadi incaran kami selanjutnya. Tongseng disajikan dalam mangkuk besar dengan kuah oranye kemerahan. Isiannya daging domba ukuran besar, potongan kol dan tomat hijau.

Selasih: Enaknya Buka Puasa dengan Sate Domba Garut yang Empuk <i>Juicy</i>Foto: dok. detikFood

Aroma gurih bumbu gule dan daging domba menusuk-nusuk hidung. Slurrpp! Kuah tongseng yang kental terasa gurih berempah. Rasa gurih bumbu gulenya sangat pas. Makin mantap dimakan dengan nasi hangat.

Bagi penggemar sate ayam juga bisa cicip sate ayam buatan Selasih. Harga seporsinya Rp 40.000. Bisa dicampur dengan sate ayam daging saja dan kulit saja. Potongan daging pada sate ayam juga besar dan royal.

Selasih: Enaknya Buka Puasa dengan Sate Domba Garut yang Empuk <i>Juicy</i>Foto: dok. detikFood

Bentuknya pipih dengan rasa gurih meresap. Yang kami suka proses pembakaran sate tidak terlalu lama sehingga tekstur daging masih empuk, juicy dan tidak kering meski sudah dibiarkan lama di atas hot plate.

Sementara sate kulit ayam dibuat dari lembaran kulit yang tebal, bersih dan terlihat mengilap. Nyamm! satenya amat juicy dan gurih. Enak dicocol dengan sambal kecap racikan sendiri.

Nah, kalau malam ini mau buka pakai sate domba, Selasih bisa jadi pilihan pas. Ayo, nyate di sini!

Selasih by Dapur Mamih
Jl. Wolter Monginsidi No. 59, Senopati
Telepon: 021 29449023

(adr/odi)

0 Response to "Selasih: Enaknya Buka Puasa dengan Sate Domba Garut yang Empuk Juicy"

Posting Komentar